Banyuwangi Terus Berbenah Percantik Sektor Pariwisata

Banyuwangi (IndonesiaMandiri) – Kunjungan Presiden Jokowi ke Banyuwangi di masa pandemi, 25 Juni lalu, seperti menjadi daya dorong tersendiri bagi Kab

Pesona keindahan kawah ijen
Banyuwangi
 (IndonesiaMandiri) – Kunjungan Presiden Jokowi ke Banyuwangi di masa pandemi, 25 Juni lalu, seperti menjadi daya dorong tersendiri bagi Kabupaten dan Kota yang berada di ujung Jawa Timur ini untuk terus bangkit.

”Hari ini saya melihat persiapan Banyuwangi menyiapkan menuju tataanan baru pariwisata. Saya lihat di lapangan, Banyuwangi adalah daerah paling siap menyiapkan menuju prakondisi, menuju normal baru. Peran pemerintah daerah, peran masyarakat, saya lihat di sini partisipasinya bagus sekali,” puji Jokowi ketika itu, melihat langsung kesiapan Banyuwangi menyongsong era Adsaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dengan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) yang ketat.

Hal ini juga yang kami lihat dan rasakan, selama empat hari menjelajah Banyuwangi, saat mengikuti Perjalanan wisata, Pengenalan Destinasi Prioritas, Pasar Domestik Nusantara, ke Banyuwangi (10-13/12), digagas oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kemenparekraf bersama maskapai Garuda Indonesia.

Sarana cuci tangan selalu tersedia di sejumlah obyek wisata
Program ini lebih diartikan sebagai upaya pembelajaran di masa pandemi ketika kita bepergian menggunakan transportasi udara ke sebuah daerah wisata. Karena sudah sejak pertengahan 2020, Kemenparekraf telah menggulirkan sejumlah program untuk memberi edukasi kepada seluruh stakeholder dan wisatawan dengan menerapkan Prokes, kebersihan, kesehatan, keamanan dan lingkungan lestari (atau dikenal dengan CHSE: cleanliness, health, safety and environment sustainability), sesuai kampanye InDOnesia CARE.

Program CHSE ini diterapkan semua destinasi wisata Indonesia. Sehingga, kesiapan pelaku usaha parekraf dan juga masyarakat mesti bersatu padu, sehingga melahirkan rasa aman dan nyaman saat bepergian di masa pandemi.

Pihak maskapai, seperti Garuda Indonesia, pun sejak awal pandemi telah melakukan persiapan matang, seperti pengurangan isian penumpang hingga 50 persen saja, guna menghindari kontak penumpang sesuai anjuran jaga jarak (social distancing). Para crew, utamanya awak kabin, juga dilengkapi perangkat pelindung diri seperti masker, sarung tangan. Serta hidangan makanan/minuman pun telah terseleksi sesuai standar keamanan.

Nah, di Banyuwangi sendiri, berbagai obyek wisata, hotel, rumah makan, tempat suvenir, pun telah dilengkapi dengan Prokes yang baik. Bahkan pihak Pemda Kabupaten Banyuwangi, sudah mengeluarkan sertifikat bagi pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf), untuk menandai bahwa bidang usahanya aman dinikmati, kunjungi, di masa pandemi.

Sertifikasi Prokes dari Pemkab Banyuwangi untuk pelaku usaha parekraf di Watudodol
Berbagai obyek wisata unggulan di Banyuwangi yang kami kunjungi, seperti Kawah Ijen, Pantai Boom, Rekreasi Bahari Watudodol, hingga pusat suvenir hingga rumah makan, mereka melayaninya dengan profesional dan mematuhi disiplin Prokes. 

Miqdad Addausi, aktor FTV, yang ikut dalam rombongan perjalanan ke Banyuwangi, mengaku puas menjelajah berbagai destinasi wisata. “Cukup baik dan tertib, selalu tersedia tempat cuci tangan dan tempat sampah,” pujinya. Dan saat merasakan layanan di dalam pesawat Garuda Indonesia, sambung Miqdad, “sangat baik. Membuat tenang dan merasa nyaman, karena semua awak kabin menggunakan alat pelindung diri lengkap” (ma).

Foto: abri/istimewa

Nama

Advertorial,13,Alutsista,261,Arsip,87,Artikel,2,ATHG,394,Bela Negara,343,Bencana Alam,1,Berita Duka,3,Bilateral,15,Bisnis,135,Budaya,4,Covid-19,22,Daerah,4,Ekonomi dan Bisnis,192,Ekonomi Politik,4,Ekraf,23,Energi,1,Footer,3,Gaya Hidup,70,Gotong Royong,2,Hankam,1,Hidup Sehat,133,Hipertensi,6,Internasional,498,IPTEK,19,Jendela Nusantara,243,Kata Bijak,7,Kegiatan Sosial,3,Kode Etik,1,Lingkungan,343,Literasi,2,Logika Berfikir,11,Maritim,5,Militer,62,Obat Alami,6,Olahraga,32,Opini,12,Pahlawan Kemerdekaan,2,Pariwisata,10,Pendapat,2,Pendidikan,10,Pesona Nusantara,440,Politik,1,Ragam,318,Sastra Budaya,7,SDA,8,SDM,425,Sehat,55,Sejarah,28,Seni Budaya,11,Sosial Budaya,2,Sosok,12,Tani Darat,123,Tani Laut,94,Teras Indonesia,531,TNI-POLRI,17,Transportasi,217,UMKM,3,Wacana,2,Wawancara,4,Wisata,11,
ltr
item
INDONESIA MANDIRI | Berita Indonesia Mandiri: Banyuwangi Terus Berbenah Percantik Sektor Pariwisata
Banyuwangi Terus Berbenah Percantik Sektor Pariwisata
Banyuwangi (IndonesiaMandiri) – Kunjungan Presiden Jokowi ke Banyuwangi di masa pandemi, 25 Juni lalu, seperti menjadi daya dorong tersendiri bagi Kab
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjFEjE2CEWqrKJiLeJIgnAe0jMJqGMEne6Fxyv_OdFAj7GCJPQfDonjOC2j4FDDOc46pLV9I0Uowi6lI2yqK3MUtIbQIpvjbyUVluNmsU_T8Mmsb74MQObhtmBtX7v9gTZeIr5pv-HLY3c/w400-h300/pesona+ijen.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjFEjE2CEWqrKJiLeJIgnAe0jMJqGMEne6Fxyv_OdFAj7GCJPQfDonjOC2j4FDDOc46pLV9I0Uowi6lI2yqK3MUtIbQIpvjbyUVluNmsU_T8Mmsb74MQObhtmBtX7v9gTZeIr5pv-HLY3c/s72-w400-c-h300/pesona+ijen.jpeg
INDONESIA MANDIRI | Berita Indonesia Mandiri
https://www.indonesiamandiri.web.id/2020/12/banyuwangi-terus-berbenah-percantik.html
https://www.indonesiamandiri.web.id/
https://www.indonesiamandiri.web.id/
https://www.indonesiamandiri.web.id/2020/12/banyuwangi-terus-berbenah-percantik.html
true
8310179826723655374
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy