Versi Agoda, Bali Masih Jadi Pilihan Wisata Terunggul

Di masa pandemi, Bali masih menjadi favorit bagi wisatawan yang ingin berlibur Jakarta ( IndonesiaMandiri ) –  Agoda.com, platform digital ...

Di masa pandemi, Bali masih menjadi favorit bagi wisatawan yang ingin berlibur

Jakarta (IndonesiaMandiri) – Agoda.com, platform digital di bidang perjalanan dan wisata, baru-baru ini membuat riset terkait pergerakan masyarakat dunia di masa pandemi Covid-19. Salah satu hasilnya, disebut Taiwan, Thailand dan Jepang adalah destinasi paling sering dicari hingga akhir 2020. Di tengah situasi pandemi, pariwisata adalah salah satu industri terdampak, dan kini bertahap mulai menggeliat.

Ada berbagai cara untuk membangkitkan kembali industri pariwisata, salah satunya adalah menjelajah negeri sendiri. Namun, bukan berarti kita tidak bisa memasukkan destinasi lain dalam wishlist Anda. Taiwan menjadi destinasi perjalanan teratas paling sering dicari oleh berbagai kelompok wisatawan, mulai dari pasangan, solo traveler, keluarga atau berkelompok. Taiwan mengalahkan juara tahun lalu yaitu Thailand, yang kini menjadi destinasi populer kedua.

Setelah kedua negara tersebut, ada Jepang, Vietnam, Korea Selatan yang termasuk dalam lima negara terpopuler. Amerika Serikat, Australia, Hong Kong, Malaysia dan Indonesia melengkapi daftar 10 negara teratas yang paling sering dicari. Data Agoda menunjukkan adanya perbedaan destinasi yang dicari oleh tiap tipe wisatawan. 

Sebut saja Jepang dan Thailand yang berada di urutan kedua dan ketiga untuk solo traveler. Sementara wisatawan keluarga banyak memilih Thailand, kemudian Vietnam. Untuk wisatawan  bepergian berkelompok, Vietnam menjadi destinasi kedua yang diminati, diikuti Thailand. Wisatawan kategori ini juga memiliki opsi destinasi lebih luas, termasuk Filipina dan Israel yang tidak termasuk dalam daftar top ten bagi semua tipe wisatawan.

Taiwan mendominasi destinasi utama di semester kedua 2020, dengan tujuh destinasi terpopuler dalam  daftar top ten destinations — Hualien (#1), Yilan (#2), Taipei (#3), Kenting (#4), Taitung (#6), Nantou (#8), dan Taichung (#10). Hal ini menandai perubahan besar dari tahun 2019 yang memiliki opsi destinasi yang lebih beragam di berbagai wilayah di Asia.

Hualien, Yilan, dan Taipei adalah destinasi yang paling sering dicari untuk berlibur menjelang akhir 2020, dengan Hualien dan Yilan sebagai pendatang baru dalam daftar 10 destinasi terpopuler tahun ini. Bangkok dan Tokyo yang merupakan dua destinasi paling sering dicari di 2019, turun ke posisi tujuh dan sepuluh, sementara Taipei (#3) mempertahankan posisinya dari tahun lalu.

Hualian dengan kota pelabuhan, pantai dan jalan di pesisir pantainya adalah destinasi paling populer untuk semua kategori wisatawan, kecuali untuk solo traveler lebih memilih Tokyo. Yilan, yang dikenal dengan pesona alamnya, Cold Spring dan kuliner setempat menjadi daya tarik kedua bagi wisatawan berkelompok dan keluarga. Kota lain dengan kekayaan alamnya yang menjadi pertimbangan wisatawan keluarga adalah tepi pantai Taitung dan Nantou, tempat wisatawan menemukan ketenangan dari danau Sun Moon. Wisatawan pasangan mengincar Taipei, sementara solo traveler yang lebih memilih kota besar dengan budayanya yang kaya dan kehidupan malam yang meriah, ingin mengunjungi Tokyo dan Bangkok.

Untuk wisatawan yang bepergian sebagai pasangan, tujuan wisata impian tahun ini adalah Hualian, Taipei, Bangkok, diikuti Yilan, dan Jeju Island. Wisatawan keluarga lebih banyak mencari altenatif tujuan wisata yang jarang dikunjungi orang dan tidak ramai, dibandingkan dengan Tokyo, Bangkok, dan Okinawa Island di tahun lalu. Daftar tujuan wisata tahun ini didominasi, destinasi di Taiwan yaitu Hualien (#1), Taipei (#2), dan Yilan (#4) di daftar lima teratas, diikuti dengan Bangkok (3#) dan Jeju Island (#5) yang juga menempati posisi di dalam daftar.

Wisatawan kelompok telah mengubah pencarian mereka ke tujuan wisata pedesaan di Hualien, Yilan, Nantou, Taitung, dan Kenting hingga akhir 2020, dari destinasi pantai seperti Batangas (Filipina), Pattaya (Thailand), dan Okinawa Main Island (Jepang) yang muncul sebagai tiga pencarian teratas tahun lalu.

Menariknya, untuk solo traveler, Tokyo, Bangkok dan Taipei tetap berada di posisi teratas untuk destinasi paling dicari pada tahun 2019 dan 2020, dengan kemunculan perdana Hualian (#7), Jeju Island (#8), dan Okinawa Main Island (#9) sebagai destinasi top tahun ini. Singapura, Bali dan London yang merupakan destinasi paling dicari solo traveler tahun lalu, tidak masuk ke daftar destinasi impian tahun 2020.

Setelah lama berdiam di rumah dengan pemberlakuan pembatasan perjalanan, wisatawan mengubah pencarian mereka dari destinasi terkenal menjadi tempat yang kurang dikenal dan beralih ke wisata alam dan pantai daripada mengunjungi kota.

“Ketika data pencarian Agoda menunjukkan perubahan pencarian ke destinasi domestik saat peraturan dilonggarkan untuk perjalanan domestik, orang masih berharap untuk mengunjungi destinasi internasional. Data Agoda tersebut menunjukkan bahwa masih ada keinginan besar untuk berwisata, orang suka menjelajahi negara mereka sendiri, baik saat mereka bepergian sendiri, bersama keluarga atau teman,” jelas Tim Hughes, Vice President of Corporate Development, Agoda.


Untuk Indonesia, Bali ada di posisi pertama untuk tipe semua wisatawan, pasangan, dan solo traveler selama dua tahun berturut-turut.
 Tujuh dari sepuluh destinasi impian paling sering dicari pada 2020, ada di Indonesia, dibandingkan delapan destinasi pada 2019. Penurunan ini disebabkan keinginan wisatawan Indonesia untuk bepergian keluar negeri pascapandemi.

INDONESIA

DESTINASI PALING DICARI PERIODE 1 JUN – 31 DES 2020

Semua wisatawan

Pasangan

Keluarga

Kelompok

Solo

Bali

Bali

Bali

Kyoto

Bali

Jakarta

Jakarta

Yogyakarta

Takayama

Jakarta

Yogyakarta

Bandung

Bandung

Bali

Bandung

Bandung

Yogyakarta

Tokyo

Bandung

Yogyakarta

Singapura

Bangkok

Jakarta

Jakarta

Singapura

Tokyo

Singapura

Singapura

Malang

Seoul

Bangkok

Malang

Bangkok

Tokyo

Tokyo

Malang

Puncak

Osaka

Songkhla

Bangkok

Puncak

Surabaya

Malang

Lombok

Malang

Surabaya

Bogor

Seoul

Bandar Lampung

Tangerang

 

DESTINASI PALING DICARI PERIODE 1 JUN – 31 DES 2019

Semua wisatawan

Pasangan

Keluarga

Kelompok

Solo

Bali

Bali

Bandung

Bandung

Bali

Bandung

Bandung

Bali

Puncak

Bandung

Yogyakarta

Jakarta

Yogyakarta

Bali

Jakarta

Jakarta

Yogyakarta

Jakarta

Yogyakarta

Yogyakarta

Malang

Malang

Malang

Malang

Malang

Puncak

Puncak

Puncak

Bogor

Puncak

Bogor

Bogor

Singapura

Solo (Surakarta)

Bogor

Singapura

Singapura

Bogor

Jakarta

Bangkok

Kuala Lumpur

Surabaya

Tokyo

Pangandaran

Semarang

Semarang

Kuala Lumpur

Kuala Lumpur

Kuala Lumpur

Singapura

 

Foto: Dok. Kemenparekraf


Nama

Advertorial,13,Alutsista,261,Arsip,87,Artikel,2,ATHG,394,Bela Negara,343,Bencana Alam,1,Berita Duka,3,Bilateral,15,Bisnis,135,Budaya,4,Covid-19,22,Daerah,4,Ekonomi dan Bisnis,192,Ekonomi Politik,4,Ekraf,23,Energi,1,Footer,3,Gaya Hidup,70,Gotong Royong,2,Hankam,1,Hidup Sehat,133,Hipertensi,6,Internasional,498,IPTEK,19,Jendela Nusantara,243,Kata Bijak,7,Kegiatan Sosial,3,Kode Etik,1,Lingkungan,343,Literasi,2,Logika Berfikir,11,Maritim,5,Militer,62,Obat Alami,6,Olahraga,32,Opini,12,Pahlawan Kemerdekaan,2,Pariwisata,10,Pendapat,2,Pendidikan,10,Pesona Nusantara,440,Politik,1,Ragam,318,Sastra Budaya,7,SDA,8,SDM,425,Sehat,55,Sejarah,28,Seni Budaya,11,Sosial Budaya,2,Sosok,12,Tani Darat,123,Tani Laut,94,Teras Indonesia,531,TNI-POLRI,17,Transportasi,217,UMKM,3,Wacana,2,Wawancara,4,Wisata,11,
ltr
item
INDONESIA MANDIRI | Berita Indonesia Mandiri: Versi Agoda, Bali Masih Jadi Pilihan Wisata Terunggul
Versi Agoda, Bali Masih Jadi Pilihan Wisata Terunggul
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh7clBGLgSCloQAyx-qSdDEolIk6Kk1Cke7XTcSf6dgpl_ahrdzhaVbk8fBiOQD5hinGGyLwqkRwwfI8mi_7CGKUNOllalUpV9BcWEv0YWvflhamwtmLMJMRrqVj6CTS-QDRIWu4LyJcus/w400-h266/WhatsApp+Image+2020-06-20+at+08.31.34.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh7clBGLgSCloQAyx-qSdDEolIk6Kk1Cke7XTcSf6dgpl_ahrdzhaVbk8fBiOQD5hinGGyLwqkRwwfI8mi_7CGKUNOllalUpV9BcWEv0YWvflhamwtmLMJMRrqVj6CTS-QDRIWu4LyJcus/s72-w400-c-h266/WhatsApp+Image+2020-06-20+at+08.31.34.jpeg
INDONESIA MANDIRI | Berita Indonesia Mandiri
https://www.indonesiamandiri.web.id/2020/10/versi-agoda-bali-masih-jadi-pilihan.html
https://www.indonesiamandiri.web.id/
https://www.indonesiamandiri.web.id/
https://www.indonesiamandiri.web.id/2020/10/versi-agoda-bali-masih-jadi-pilihan.html
true
8310179826723655374
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy