BBKSDA Sumut Gelar Pelatihan Survei Kepadatan dan Monitoring Populasi Orangutan

Medan (IndonesiaMandiri) – Konservasi Orangutan di Sumatera membutuhkan tren populasi di suatu bentang alam antar waktu tertentu. Informasi populasi d

Pelatihan dan monitoring tentang habitat orangutan akan menjadi acuan pelihara lingkungan

Medan
 (IndonesiaMandiri) – Konservasi Orangutan di Sumatera membutuhkan tren populasi di suatu bentang alam antar waktu tertentu. Informasi populasi dan gangguan habitat sangat dibutuhkan untuk menentukan skala prioritas konservasi orangutan di Indonesia. Hal tersebut disampaikan Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara (BBKSDA Sumut) Hotmauli Sianturi, saat membuka pelatihan Survey Kepadatan dan Monitoring Populasi Orangutan di Bahorok, Langkat, Sumut (19/10).

Hotmauli menerangkan, selama 2009 - 2011 telah dilakukan survei di seluruh habitat yang terdapat populasi liar, hasilnya menjadi rujukan utama populasi Orangutan sumatera dalam penyusunan Strategi Rencana Aksi Konservasi Orangutan  2019- 2029.

"Survei dan monitoring populasi orangutan dilakukan setiap 10 tahun sekali. Survei tersebut fokus pada bentang alam terluas yang dikenal dengan Kawasan Ekosistem Leuser, dan bentang alam lainnya dilakukan secara parsial. Dalam rentang waktu 10 tahun tersebut, berbagai program konservasi Orangutan terus berjalan dengan berbagai kegiatan, untuk memastikan populasi orangutan tetap lestari," urai Hotmauli.

Menurut Hotmauli, orangutan sebagai primata arboreal membutuhkan habitat berupa kawasan hutan yang terdapat kanopi. Pada 2020-2022 akan dilakukan Survei dan monitoring populasi Orangutan Sumatera dan Orangutan Tapanuli di seluruh kawasan hutan yang terdapat populasi liar orangutan. Survei dengan skala luas melibatkan berbagai pihak terkait yaitu Unit Pelaksana Teknis Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (UPT-KLHK), UPT Daerah Provinsi dan Kabupaten, lembaga non pemerintah dan perguruan tinggi.

"Karena itu, dalam melakukan survei ini diperlukan satu standarisasi pelaksanaan survei dan koleksi data di lapangan serta pengelolaan data yang dikoleksi. Hal ini bertujuan agar hasil Survei dari berbagai tim bisa seragam sehingga dapat dianalisis dengan baik dengan bias minimum," terang Hotmauli.

Metode standar Survei populasi orangutan telah selesai disusun oleh Forum Orangutan Indonesia (FORINA) dan Universitas Nasional dengan judul “Buku Panduan Survei Sarang Orangutan”, yang dipakai sebagai acuan dalam survei dan monitoring populasi orangutan di Pulau Sumatera di 2020-2022. 

Mengingat jumlah anggota tim dan UPT yang terlibat banyak, maka konsep pelatihan adalah Training of Trainer (ToT), sehingga peserta yang diutus dalam pelatihan ini adalah team leader. Hal ini dimaksudkan setiap tim leader lapangan mampu menerapkan metode standar yang memenuhi kaidah ilmiah dan mampu memberikan pengarahan yang tepat kepada masing-masing anggotanya.

Hotmauli menyebut, tujuan dari pelatihan survei dan monitoring populasi Orangutan Tapanuli dan Sumatera adalah untuk membangun standarisasi pedoman dan teknik penghitungan sarang orangutan dengan metode Line Transect. Penghitungan populasi Orangutan Sumatera dan Tapanuli dengan penghitungan sarang sesuai metode standar Line Transect harus memenuhi kaidah-kaidah ilmiah sehingga setiap perwakilan UPT, UPT Daerah, akademisi dan para pihak yang tertarik dengan konservasi orangutan dapat menerapkan metode yang standar tersebut di lapangan.

Sasaran dari kegiatan ini adalah para pemangku kepentingan utama yang mewakili BBKSDA Sumatera Utara, UPTD Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara, dan beberapa mitra kerjasama dari Perguruan Tinggi yang mendukung konservasi dimana terdapat populasi liar orangutan. Pada Pelatihan ini, Tim BBKSDA SU dan Yayasan Ekosistem Lestari melakukan seleksi peserta yang berasal dari Perguruan Tinggi/Universitas yang diikutsertakan dalam tim survey orangutan Sumatera dan orangutan Tapanuli.

Balai Diklat LHK Pematang Siantar bekerjasama dengan BBKSDA Sumatera Utara dan Yayasan Ekosistem Lestari gelar Pelatihan Survei Kepadatan dan Monitoring Populasi Orangutan selama 6 hari mulai 19 sampai 24 Oktober 2020 di Ecolodge Bukit Lawang, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Sumut. 24 orang peserta terdiri dari aparatur dan non aparatur dari UPT Direktorat Jenderal KSDAE, Dinas Kehutanan Provinsi dan UPTD, Perguruan Tinggi, serta lembaga yang menangani konservasi Orangutan.

Lewat pelatihan, akan diberi pembekalan kepada para tenaga konservasi orangutan dalam melakukan survey dan monitoring populasi orangutan sesuai standar dan pedoman yang berlaku. Dalam rentang waktu 10 tahun tersebut berbagai program konservasi orangutan terus berjalan dengan berbagai kegiatan yang memastikan Orangutan tetap lestari.

Ruang lingkup pelatihan meliputi teori, penugasan dan praktik, memakai metode meliputi ceramah interaktif, diskusi, penugasan, simulasi dan praktek. Plt. Kepala Pusat Diklat SDM LHK, Mariana Lubis menyampaikan, pelatihan dilakukan guna mendukung peran pemangku kepentingan terkait pengelolaan orangutan baik di kawasan hutan maupun penggunaan lain yang merupakan habitat orangutan (ma).

Nama

Advertorial,13,Alutsista,261,Arsip,87,Artikel,2,ATHG,394,Bela Negara,343,Bencana Alam,1,Berita Duka,3,Bilateral,15,Bisnis,135,Budaya,4,Covid-19,22,Daerah,4,Ekonomi dan Bisnis,192,Ekonomi Politik,4,Ekraf,23,Energi,1,Footer,3,Gaya Hidup,70,Gotong Royong,2,Hankam,1,Hidup Sehat,133,Hipertensi,6,Internasional,498,IPTEK,19,Jendela Nusantara,243,Kata Bijak,7,Kegiatan Sosial,3,Kode Etik,1,Lingkungan,343,Literasi,2,Logika Berfikir,11,Maritim,5,Militer,62,Obat Alami,6,Olahraga,32,Opini,12,Pahlawan Kemerdekaan,2,Pariwisata,10,Pendapat,2,Pendidikan,10,Pesona Nusantara,440,Politik,1,Ragam,318,Sastra Budaya,7,SDA,8,SDM,425,Sehat,55,Sejarah,28,Seni Budaya,11,Sosial Budaya,2,Sosok,12,Tani Darat,123,Tani Laut,94,Teras Indonesia,531,TNI-POLRI,17,Transportasi,217,UMKM,3,Wacana,2,Wawancara,4,Wisata,11,
ltr
item
INDONESIA MANDIRI | Berita Indonesia Mandiri: BBKSDA Sumut Gelar Pelatihan Survei Kepadatan dan Monitoring Populasi Orangutan
BBKSDA Sumut Gelar Pelatihan Survei Kepadatan dan Monitoring Populasi Orangutan
Medan (IndonesiaMandiri) – Konservasi Orangutan di Sumatera membutuhkan tren populasi di suatu bentang alam antar waktu tertentu. Informasi populasi d
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiiE8k0ai4x3NxK95ohG-APmJ3WgAH_p5FkNCBm3m-hWt-yC2ei1_tNQJprjJhh7pQWs1yEMSl0yT0HHDFPm21VUfGnIkI-RPZ-69QUaEIMfbHnUVUmVYg6HawBM_y_aOjR7qtzLKWGeOE/w400-h300/WhatsApp+Image+2020-10-22+at+09.07.32.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiiE8k0ai4x3NxK95ohG-APmJ3WgAH_p5FkNCBm3m-hWt-yC2ei1_tNQJprjJhh7pQWs1yEMSl0yT0HHDFPm21VUfGnIkI-RPZ-69QUaEIMfbHnUVUmVYg6HawBM_y_aOjR7qtzLKWGeOE/s72-w400-c-h300/WhatsApp+Image+2020-10-22+at+09.07.32.jpeg
INDONESIA MANDIRI | Berita Indonesia Mandiri
https://www.indonesiamandiri.web.id/2020/10/bbksda-sumut-gelar-pelatihan-survei.html
https://www.indonesiamandiri.web.id/
https://www.indonesiamandiri.web.id/
https://www.indonesiamandiri.web.id/2020/10/bbksda-sumut-gelar-pelatihan-survei.html
true
8310179826723655374
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy