Home » » Peringati Kemerdekaan RI, Kodam XVIII/Kasuari Selamatkan Ekosistem Laut

Peringati Kemerdekaan RI, Kodam XVIII/Kasuari Selamatkan Ekosistem Laut

Posted by INDONESIA MANDIRI on Agustus 17, 2020

Prajurit Kodam XVIII/Kasuari aktif pelihara kebersihan pantai sambut Hut Proklamasi RI
Manokwari (IndonesiaMandiri) – Pelihara kelangsungan ekosistem laut, kebersihan pesisir pantai adalah tanggung jawab bersama. Menyikapi hal itu, di hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke-75, Kodam XVIII/Kasuari bergerak melakukan karya bakti (Karbak) membersihkan sampah di pesisir Pantai sekitar Pulau Raimuti, Manokwari, Papua Barat (17/8).

Kasdam XVIII/Kasuari Brigjen TNI Ferry Zein yang memimpin Karbak menyebut, “karena warga kita memang banyak yang menggunakan Pulau Raimuti untuk tempat rekreasi, maka supaya keadaan lingkungan bersih dan nyaman, warga Kodam XVIII/Kasuari bersama-sama melakukan pembersihan. Tentunya sebelumnya kita meminta izin dulu kepada yang mempunyai hak wilayah di sini. Mudah-mudahan warga yang lain juga bisa menjaga kebersihan laut, pantai, dan Pulau Raimuti iniyang ada di sini.”

Ditambahkan Kasdam, kedepan direncanakan Karbak seperti ini akan digelar, minimal sekali di setiap bulan.

Sebelumnya, tengah malam jelang detik-detik Peringatan Proklamasi, Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra memimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Sanggeng, Manokwari, Papua Barat.

Pangdam beserta peserta Apel Kehormatan dan Renungan Suci beri penghormatan kepada mereka, para Pahlawan Kesuma Bangsa yang telah mengabdi, mengorbankan jiwa raga untuk demi Tanah Air Indonesia, dimakamkan di TMP Manokwari ini, terdiri dari personel TNI dan Polri (98), Pegawai Negeri Sipil (10), Pejuang Rakyat (8), dan Pahlawan Tak Dikenal (2).

“Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengabdian pengorbanan saudara-saudara sebagai pahlawan dan pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa," ucap Mayjen Ali Hamdan Bogra.

“Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula dan pengabdian yang saudara tempuh adalah pengabdian kami juga. Kami berdoa, semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapat tempat yang selayaknya," tegas Pangdam (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link INDONESIA MANDIRI

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala