Home » » Tangkal Penularan Covid-19, RSUI Ciptakan Bilik Swab Test

Tangkal Penularan Covid-19, RSUI Ciptakan Bilik Swab Test

Posted by INDONESIA MANDIRI on Mei 20, 2020

Bilik Swap Test dari RSUI beri kemudahan tenaga medis saat memerika pasien saat pandemi
Depok (IndonesiaMandiri) – Pemeriksaan swab (swab test) dilakukan untuk mendeteksi virus corona dengan menggunakan menggunakan mesin Polymerase Chain Reaction (PCR). Dalam swab test corona, petugas medis akan mengambil sampel lendir dari saluran pernapasan, yaitu hidung dan tenggorokan. Sampel ini kemudian dibawa ke laboratorium dan diperiksa di bawah mikroskop untuk mendeteksi ada tidaknya DNA virus corona.

Menurut badan kesehatan dunia WHO, tes swab sampai hari ini masih merupakan golden standar untuk pemeriksaan Covid-19, dikarenakan tingkat realibilitas dan validitasnya lebih tinggi dibanding metode pemeriksaan lain. Namun, swab test tentu saja menjadi tantangan tersendiri bagi petugas medis yang melakukan pengambilan sampel, karena harus berhadapan atau kontak langsung dengan pasien.

Kini, atas hasil kerja keras inovasi lintas bidang ilmu di Universitas Indonesia (UI), mulai dari para dokter di Fakultas Kedokteran (FKUI), insinyur di Fakultas Teknik (FTUI) dan para akademisi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB UI) yang bekerjasama dengan Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI),  bilik swab test (Swab Test Chamber) berhasil dikembangkan sebagai salah satu alternatif, digunakan sebagai alat penunjang pemeriksaan swab PCR.

Dekan Fakultas Kedokteran UI, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB menyebut, “keberadaaan Swab Test Chamber yang dirancang oleh kolaborasi lintas keilmuan di UI ini tentu sangat penting dan bermanfaat untuk melindungi para tenaga medis dalam pemeriksaan swab Covid-19. Selain rasa aman, para tenaga medis yang memeriksa pasien dengan menggunakan Swab Test Chamber ini juga akan merasa nyaman. Inovasi yang sangat bermanfaat untuk mengatasi pendemi Covid-19.”

Sementara Pj Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UI, Dr. Beta Yulianita Gitaharie, S.E., M.E.  menuturkan, “kehadiran Bilik Swab Test Covid-19 merupakan bukti nyata bahwa kita telah tiba pada suatu jaman dimana kolaborasi adalah kunci untuk melangkah maju bersama-sama. Kemandirian dalam berproduksi khususnya pada bidang kesehatan di masa pandemi ini tidak hanya akan meningkatkan ketahanan di sektor kesehatan, tetapi juga mendorong ketahanan ekonomi.”

RSUI merupakan rumah sakit yang pertama menggunakan bilik swab hasil inovasi multidisplin bidang ilmu tersebut. Inovasi bilik swab yang dikembangkan ini telah diuji fungsi sehingga aman untuk digunakan (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link INDONESIA MANDIRI

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala