Di Tengah Kobaran Api, Ada “Kartini” Manggala Agni Yang Siap Hadir

Profesi memadamkan api di hutan/karhutla juga dipegang oleh perempuan tangguh Riau ( IndonesiaMandiri ) – Momentum Hari Kartini yang ...

Profesi memadamkan api di hutan/karhutla juga dipegang oleh perempuan tangguh
Riau (IndonesiaMandiri) – Momentum Hari Kartini yang diperingati tiap 21 April, di masa kini, dapat direfleksikan dengan sosok perempuan dengan tekad juang tinggi, rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara, sekaligus tetap memahami perannya sebagai seorang ibu.

Ini juga bisa ditemui sosok Srikandi yang bertugas sangat beresiko di Manggala Agni, unit khusus dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan/KLHK dengan tugas mengendalikan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Perempuan bernama Gustia Ningsih atau akrab disapa Neneng (35 thn), bergabung sebagai anggota Daops Manggala Agni Sumatera VI/Siak, Riau, sejak 2005.

Ibu tiga anak yang sudah 15 tahun mengabdi sebagai anggota Manggala Agni Daops Sumatera VI/Siak, Provinsi Riau ini, sudah merasakan manis pahitnya bekerjq memadamkan karhutla. Apalagi, di daerahnya, Riau, merupakan provinsi rawan karhutla di Indonesia. Ini memberi pengalaman tersendiri bagi Neneng.

Tugas Neneng sehari-hari adalah sebagai pemantau deteksi dini. Pantauannya meliputi wilayah Kabupaten Siak, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kepulauan Meranti. Selain itu, Neneng juga bertugas mengatur papan Sistem Peringkat Bahaya Kebakaran (SPBK), dan mengurus administrasi kantor Daops Manggala Agni Sumatera VI/Siak. Namun, tak jarang Neneng ikut terjun ke lapangan melaksanakan patroli pencegahan dan pemadaman karhutla.

Menurut Neneng, sosok Kartini masa kini harus motivasi dirinya untuk ikut bergerak bermanfaat bagi diri sendiri, masyarakat, dan lingkungan tanpa melalaikan dan meninggalkan tanggung jawab sebagai seorang wanita, sebagai ibu dan istri yang patuh terhadap suami. “Kartini memberi insprirasi tersendiri bagi saya, bahwa wanita bisa berperan dalam semua hal, termasuk dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan sebagai Manggala Agni,” ucap Neneng dengan bangga.

"Misalkan, saat terjadi kebakaran hutan dan lahan di Siak 2019 kemarin. Kita sebagai Manggala Agni tentu harus terjun langsung melakukan pemadaman karhutla sampai beberapa hari,” kisah Neneng. Meski Manggala Agni didominasi laki-laki, ini tak membuatnya nyalinya turun. Pada saat pemadaman karhutla, Neneng pun siap berjalan puluhan kilometer menuju titik api, mengangkat gulungan selang, serta memegang nozzle di depan berhadapan langsung dengan api. “Waktu melakukan pemadaman saya pernah terperosok gambut karena kebakaran saat itu di selimuti asap yang sangat tebal," tambah Neneng.

Perempuan tangguh yang bergabung di Manggali Agni jadi cermin sosok Kartini di masa kini
Selain Neneng, di Daops Manggala Agni Kalimantan III/Pangkalan Bun, Kalimantan tengah, juga ada kartini muda lainnya. Namanya l Miftahul Jannah, atau sering dipanggil Metha (30 tahun). Metha bergabung jadi anggota Manggala Agni sejak 2015. Background Metha sebagai seorang perawat sangat dibutuhkan pada saat pemadamaan karhutla. Pengalaman pemadaman dan berhari-hari di dalam hutan sering Metha lalui. Bahkan perannya bertambah bukan hanya sebagainseorang pemadaman, Metha juga bersiaga merawat rekan Manggala Agni yang cidera saat pemadaman.

Metha juga menuturkan, dirinya dan Neneng hanyalah sedikit dari wanita di Indonesia yang mengambil peran dalam kelestarian lingkungan sebagai Manggala Agni. Semoga wanita Indonesia tak pantang menyerah dan semangat untuk meneruskan perjuangannya Ibu Kartini dalam membangun negeri ini (ma).
الاسم

Advertorial,13,Alutsista,261,Arsip,87,Artikel,2,ATHG,394,Bela Negara,343,Bencana Alam,1,Berita Duka,3,Bilateral,15,Bisnis,135,Budaya,4,Covid-19,22,Daerah,4,Ekonomi dan Bisnis,192,Ekonomi Politik,4,Ekraf,23,Energi,1,Footer,3,Gaya Hidup,70,Gotong Royong,2,Hankam,1,Hidup Sehat,133,Hipertensi,6,Internasional,498,IPTEK,19,Jendela Nusantara,243,Kata Bijak,7,Kegiatan Sosial,3,Kode Etik,1,Lingkungan,343,Literasi,2,Logika Berfikir,11,Maritim,5,Militer,62,Obat Alami,6,Olahraga,32,Opini,12,Pahlawan Kemerdekaan,2,Pariwisata,10,Pendapat,2,Pendidikan,10,Pesona Nusantara,440,Politik,1,Ragam,318,Sastra Budaya,7,SDA,8,SDM,425,Sehat,55,Sejarah,28,Seni Budaya,11,Sosial Budaya,2,Sosok,12,Tani Darat,123,Tani Laut,94,Teras Indonesia,531,TNI-POLRI,17,Transportasi,217,UMKM,3,Wacana,2,Wawancara,4,Wisata,11,
rtl
item
INDONESIA MANDIRI | Berita Indonesia Mandiri: Di Tengah Kobaran Api, Ada “Kartini” Manggala Agni Yang Siap Hadir
Di Tengah Kobaran Api, Ada “Kartini” Manggala Agni Yang Siap Hadir
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhsLWducKHPjC__lhqxxJhL9e2IAIP0O4wBK8-dIDPE0sXoVLNtuKxq2vE5yEH2K85jJCXS5fygcj7QSt9OlC6TghtbG09bFA1Uw9FeondvqIkftPcntVTTrIRHV38UPdIJkBcFFPwXPC4/s400/Profesi+memadamkan+api+di+hutan+karhutla+juga+dipegang+oleh+perempuan+tangguh.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhsLWducKHPjC__lhqxxJhL9e2IAIP0O4wBK8-dIDPE0sXoVLNtuKxq2vE5yEH2K85jJCXS5fygcj7QSt9OlC6TghtbG09bFA1Uw9FeondvqIkftPcntVTTrIRHV38UPdIJkBcFFPwXPC4/s72-c/Profesi+memadamkan+api+di+hutan+karhutla+juga+dipegang+oleh+perempuan+tangguh.jpg
INDONESIA MANDIRI | Berita Indonesia Mandiri
https://www.indonesiamandiri.web.id/2020/04/di-tengah-kobaran-api-ada-kartini.html?hl=ar
https://www.indonesiamandiri.web.id/?hl=ar
https://www.indonesiamandiri.web.id/
https://www.indonesiamandiri.web.id/2020/04/di-tengah-kobaran-api-ada-kartini.html
true
8310179826723655374
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy