Home » » Kodam Pattimura Galakkan Gerakan Penghijauan Massal Bersama Masyarakat

Kodam Pattimura Galakkan Gerakan Penghijauan Massal Bersama Masyarakat

Posted by INDONESIA MANDIRI on Maret 08, 2020

Kodam Pattmura ajak masyarakat tanam pohon untuk lestarikan lingkungan
Ambon (IndonesiaMandiri) - Gerakan Penghijauan penanaman pohon secara massal terus digalakkan Kodam XVI/Pattimura dalam program Serbuan Teritorial 2020. Sabtu pagi (07/03), telah dilakukan penanaman 570 pohon di sekitaran kawasan Danau Tihu, Rindam Kompleks, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah yang dikemas dengan tema "Pembinaan Lingkungan Hidup".


Kegiatan ini dipimpin langsung Komandan Rindam (Danrindam) XVI/Pattimura Kolonel Inf Parlindungan Hutagalung. Danau Tihu dipilih karena di musim yang tidak menentu seperti sekarang ini, sering terjadi bencana banjir, tanah longsor maupun kekeringan. Oleh karenanya, melalui kegiatan penanaman pohon ini diharapkan dapat menangkal terjadinya erosi dan tanah longsor serta mengembalikan keaslian dan keindahan ekosistem alam yang sangat bermanfaat sebagai cadangan air di musim kemarau.


Dengan kegiatan ini diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk terus melestarikan tanaman dan pohon serta menjaga lingkungan bagi kelangsungan hidup ekosistem alam pada masa mendatang. Tema "Pembinaan Lingkungan Hidup", terkait dengan pelestarian potensi tanaman atau pohon khususnya khas Maluku seperti, Pala, Cengkeh, Pohon Kayu Besi, Pohon Linggua, pohon buah-buahan khas Maluku seperti Gandaria, Alpukat, Sukun, Manggis, Langsat dan Duku.


“Potensi ini tentunya harus kita jaga dan pertahankan agar terhindar dari kepunahan”, ujar Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq dalam amanat yang dibacakan oleh Danrindam XVI/Pattimura pada pembukaan Kegiatan Penghijauan Kodam XVI/Pattimura dalam rangka Serbuan Teritorial Tahun 2020.


Adapun jenis bibit pohon yang ditanam meliputi, 200 pohon Durian, 50 pohon Nangka, 100 pohon Cempedak, 100 pohon Kayu Besi, 100 Pohon Linggua, 5 pohon Tanjung, 5 pohon Kenari, 5 pohon Mahoni, 5 pohon Matoa, dan lain-lain (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link INDONESIA MANDIRI

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala