Home » » Destinasi Wisata Super Prioritas, Labuan Bajo Wajib Jaga Kebersihan

Destinasi Wisata Super Prioritas, Labuan Bajo Wajib Jaga Kebersihan

Posted by INDONESIA MANDIRI on Maret 07, 2020

Menko Luhut tinjau langsung proses olah sampah di Labuan Bajo
Labuan Bajo (IndonesiaMandiri) - “Presiden telah mencanangkan 5 destinasi wisata super prioritas yang harus selesai tahun ini, sedang kita kebut. Disini, masalah yang paling penting adalah masalah kebersihan. Pemerintah memberikan fasilitas edukasi, tapi tanpa kerja sama kita semua, ini tidak berjalan baik. Jadi saya minta kepada Gubernur, Bupati dan semua yang hadir supaya ikut terlibat,” ucap Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Panjaitan saat hadiri puncak acara Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (06/03).

Ia meminta seluruh elemen masyarakat seperti sekolah, perguruan tinggi, swasta, rumah-rumah ibadah dan lain-lain, secara aktif bicara masalah kebersihan, membuang sampah pada tempatnya. “Sampah ini bisa dibikin tema bahwa sampah adalah musuh bersama. Ia tidak mengenal ras dan agama. Jika tidak dikelola ia menjadi musuh masa depan kita,” seru Luhut.

“Anda harus menjadi teladan, lead by example, jangan hanya mendikte. Jika Anda tidak memberi contoh, tidak memperbaiki kebersihan dan pendidikan di sini. Anda bisa dijajah oleh kemiskinan. Bapak-bapak Bupati coba lihat apakah ada kasus stunting di wilayahnya. Mari kita perhatikan, kalau kita bekerja sama, kita pasti bisa mengatasinya,” ujarnya.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) selaku penyelenggara HPSN 2020, dimana Menteri Siti Nurbaya ikut hadir mengatakan, pemerintah terus melakukan upaya gerakan olah sampah mandiri 3R, reduce, reuse, dan recycle. Telah dilakukan pengelolaan nasional dan internasional, sehingga pengelolaannya secara holistik terpadu dari hulu dan hilir.

“Secara umum terdapat peningkatan animo masyarakat yang cukup tinggi dari 2015-2019. Tahun 2015 kelompok tergabung 1.100 kelompok di beberapa kabupaten kota. Di tahun 2019, kita punya sebanyak 5.540 komunitas di seluruh kabupaten kota,” papar Siti. Adapun lima destinasi wisata super prioritas dimaksud adalah: Danau Toba, Mandalika/Lombok, Borobudur, Labuan Bajo dan Likupang/Sulut (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link INDONESIA MANDIRI

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala