Home » » Di Timor Leste, TNI AL Sarankan Perlunya Kehadiran Kantor Hidrografi

Di Timor Leste, TNI AL Sarankan Perlunya Kehadiran Kantor Hidrografi

Posted by INDONESIA MANDIRI on Desember 16, 2019

TNI AL dan Komponen AL Timor Leste saat lakukan pertemuan di Dili
Dili/Timor Leste (IndonesiaMandiri) - TNI AL melalui misi Satuan Tugas Port Visit Indonesia Maritim Envoy (IME) 19.B le Dili, Timor Leste diwakili Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) baru-baru ini, akan mendukung dan membantu Republica Democratic de Timor-Leste (RDTL) untuk memiliki kantor Hidrografi guna menjamin keselamatan navigasi dan pelayaran di perairannya.

Kunjungan Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro yang diterima Pimpinan Komponen Angkatan Laut Timor Leste Capitao de fragata Joao Da Silva memaparkan, Pushidrosal memiliki Peran cukup Strategis baik di IHO sebagai Anggota Dewan/Council serta Di regional sebagai Vice chairman EAHC dan pada 2021 akan menjadi Chairman EAHC, sehingga memiliki posisi sabgat baik dalam membantu RDTL menjadi anggota baik IHO maupun anggota regional EAHC.

“Pelabuhan Dili belum mempunyai Peta Laut maupun elektrinic nautical chart/ENC yang diproduksi RDTL. Karena, peta laut yang ada merupakan produksi lama yang dibuat oleh pemerintah Indonesia saat masih bergabung dengan Indonesia dan dari hasil bantuan Australia namun tidak pernah dilakukan pemutakhiran data,” ucap Kapushidrosal.

Kapushidrosal yang juga Chief Hydrographer Indonesia menekankan pentingnya suatu negara Pantai membangun suatu Kantor hidrografi demi menjamin tersedianya peta Laut bagi keselamatan bernavigasi, sehingga beri keyakinan kepada Kapal barang maupun Cruise ship untuk memasuki pelabuhan di RDTL sehingga dapat meningkatkan pendapatan ekonomi baik dari segi ekspor, impor maupun pariwisata serta membuka lapangan pekerjaan.

Dalam suasana penuh persaudaraan ini, Kapushidrosal yang didampingi Kepala Dinas Pendidilan TNI AL, menawarkan pihak RDTL untuk mengirim Perwiranya mengikuti pendidikan setingkat Seskoal dan Pusdikhidros yang selama ini juga telah diikuti Angkatan Laut Negara Tetangga dan meningkatkan hubungan kedua Angkatan Laut dalam wadah Navy To Navy Talk (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link INDONESIA MANDIRI

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala