Home » » Teater Garasi Raih Penghargaan Ibsen Scholarship Dari Norwegia

Teater Garasi Raih Penghargaan Ibsen Scholarship Dari Norwegia

Posted by Indonesia Mandiri on Oktober 14, 2019

Bekraf bantu Teater Garasi untuk berkreasi dalam usaha seni di kancah internasional
Jakarta (IndonesiaMandiri) - Teater Garasi melalui proyek Multitude of Peer Gynts (MPG) mendapat penghargaan Ibsen Scholarship 2019 dari Ibsen Awards, Norwegia. MPG menjadi pememang bersama dengan empat karya dari negara, yakni India, Perancis, Cina, dan Lebanon. Oleh karenanya, perwakilan Teater Garasi akan berangkat ke Skien, Norwegia untuk menerima penghargaan pada 23 Oktober 2019.

Badan Ekonomi Kreatif/Bekraf turut mendukung Teater Garasi dengan memberi bantuan sejak proses riset hingga pengembangan produksi MPG melalui fasilitasi travel grant seniman Indonesia ke Colombo, Sri Lanka (2018) dan Tokyo, Jepang (2019). Hal ini yang dijelaskan Deputi Hubungan Antarlembaga dan Wilayah Bekraf Endah Wahyu Sulistianti saat jumpa pers (14/10), bersama dengan Duta Besar Norwegia untuk Indonesia Vegard Kaale, Duta Besar Indonesia untuk Norwegia T. Mulya Lubis, Direktur Eropa 2 Kemlu Hendra Halim dan Sutradara MPG Yudi Ahmad Tajudin.

MPG merupakan proyek kolaborasi internasional yang dirintis, diproduksi, dan dipimpin kelompok seniman dari Indonesia, melibatkan seniman-seniman Asia (Jepang, Sri Lanka, dan Vietnam) sebagai kolaborator. Sejumlah seniman ternama yang terlibat dalam proyek tersebut adalah Takao Kawaguchi, Micari, dan Yasuhiro Morinaga dari Jepang; Venuri Parera dari Sri Lanka; serta Nguyen Manh Hung dari Vietnam. 

Sedangkan seniman Indonesia yang terlibat adalah Gunawan Maryanto, Arsita Iswardhani, MN Qomaruddin, dan Ignatius Sugiarto dari Teater Garasi. MPG dirintis oleh Yudi Ahmad Yajudin (Sutradara) dan Ugoran Prasad (Dramaturg). Bertindak sebagai Produser Eksekutif adalah Rama Thaharani, produser seni budaya yang berfokus pada kerja sama internasional. Sedangkan Shizuoka Performing Arts Center (SPAC), Jepang bertindak sebagai Co-producer (dh).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala