Home » » PT Mowilex dan CI Indonesia Sepakat Jaga Konservasi Hiu Paus di Sumbawa

PT Mowilex dan CI Indonesia Sepakat Jaga Konservasi Hiu Paus di Sumbawa

Posted by INDONESIA MANDIRI on Kamis, 31 Oktober 2019

Pesona Hiu Paus yang kini jadi primadona wisata di Sumbawa
Jakarta (IndonesiaMandiri) - Bila kita mengunjungi kawasan Teluk Saleh, di Labuhan Jambu, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat/NTB, ada pemandangan seru nan indah yang dijumpai di perairannya. Yaitu, kehadiran hiu pausnya (Rhincodon typus). Hal inilah yang menjadi satwa ini termasuk dilindungi dan kawasannya perlu dilestarikan atau konservasi. Hiu paus berstatus dilindungi melalui Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan RI No 18/2013.

Ini pula yang melatarbelakangi Asia Coating Enterprises Pty. Ltd. Singapore sebagai induk perusahaan PT Mowilex Indonesia, sepakat selama lima tahun (2019-2024) untuk mendukung program Conservation International Indonesia (CI Indonesia) dalam Pengelolaan Kawasan Perairan Laut Teluk Saleh, Provinsi Nusa Tenggara Barat seluas 1.500 km persegi, dengan fokus pada konservasi hiu paus dan pemberdayaan masyarakat lokal, melalui program pariwisata berbasis masyarakat.


Hius Paus di Sumbawa termasuk satwa yang dilindungi
Vice President CI Indonesia Ketut Sarjana Putra, komitmen ini diharapkan mampu menguatkan berbagai program yang telah dilaksanakan CI Indonesia di Teluk Saleh sejak 2017, dan ikut mendorong perusahaan lain di Indonesia untuk terlibat lebih aktif di dalam mendukung kegiatan konservasi alam.


“Kami sangat mendukung apa yang dilakukan oleh Conservation International melalui parent company kami yaitu Asia Coatings Enterprises, Pte. Ltd. untuk menjaga habitat hiu paus yang sudah termasuk dalam kategori endangered species. Bagi kami, mendukung pelestarian ekosistem merupakan salah satu dari pilar dalam gerakan Mowilex Sustainability Initiative kami.”, ujar Niko Safavi, President Director, PT. Mowilex Indonesia.


CI Indonesia juga membantu masyarakat di Desa Labuhan Jambu agar bisa meningkatkan kemampuan mengelola wisata hiu paus ini. Saat ini telah terbentuk Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) di Desa Labuhan Jambu yang telah Pemprov NTB sebagai salah satu daerah wisata potensial (ma).

Foto: Dok. CII

Terimakasih sudah membaca & membagikan link INDONESIA MANDIRI

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri