Home » » Menteri Pariwisata Usulkan Gorontalo Miliki Kawasan Ekonomi Khusus

Menteri Pariwisata Usulkan Gorontalo Miliki Kawasan Ekonomi Khusus

Festival Karawo masih diandalkan Gorontalo untuk datangkan wisatawan
Gorontalo (IndonesiaMandiri) - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya usulkan dua langkah strategis untuk pengembangan pariwisata di Gorontalo, yaitu membuat kawasan ekonomi khusus/KEK serta perluasan aksesibilitas jalur udara. Ini diutarakan saat Arief Yahya jumpa dengan sejumlah pejabat Pemda dan terkait di Grand Q Hotel, Gorontalo (5/10).

“Perizinan pembangunan KEK akan lebih mudah dilakukan sehingga tata bangunan dan langkah-langkah pengelolaannya dapat lebih mudah diterapkan. Selain itu, dengan dibangunnya sebuah KEK, maka daerah yang bersangkutan akan mendapat perhatian khusus dalam pembangunan dan promosi pariwisata, baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah," saran Arief.

Menpar Arief Yahya sarankan Gorontalo jalani program KEK
Selain itu, untuk mendukung pariwisata di Gorontalo, Menpar sarankan menambah jalur penerbangan yang sudah ada. “Wisatawan akan lebih mudah datang ke Gorontalo jika jalur udaranya memadai. Agak sulit mengundang wisatawan datang ke Gorontalo jika mereka harus melalui jalur darat," ujar Menpar. Disamping juga, akses darat perlu dibenahi untuk permudah capai ke destinasi wisata.

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, mengatakan, kini daerahnya merancang agar pariwisata menjadi salah satu penggerak ekonomi masyarakat. Salah satu even yang diandalkan adalah Festival Karawo. Even ini memperkenalkan Karawo sebagai salah satu kerajinan kain khas Gorontalo dan dimeriahkan pameran kerajinan Karawo, parade dan peragaan busana Karawo (ma/pn).

Thanks for reading & sharing Indonesia Mandiri

Previous
« Prev Post

Menuju Indonesia Mandiri

Populer