Home » » Menko Luhut Pastikan Masyarakat Diberdayakan Dalam Pengembangan Danau Toba

Menko Luhut Pastikan Masyarakat Diberdayakan Dalam Pengembangan Danau Toba

Posted by Indonesia Mandiri on Oktober 15, 2019

Menko Luhut (sedang angkat tangan) jamin masyarakat dilibatkan untuk kemajuan wisata di Danau Toba
Toba Samosir (IndonesiaMandiri) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan meresmikan Kawasan Toba Caldera Resort, di Sibisa, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara (14/10). Luhut menekankan dalam

pengembangan pariwisata di Danau Toba, pemerintah akan selalu mendengar dan memberdayakan warga sekitarnya.
“Kita akan bela rakyat, rakyat pun harus diberdayakan. Jadi apabila ada komplain di sana-sini jangan pernah ragu, beritahu kita. Yang pasti semangat dari kita itu sangat baik," ujar Menko Luhut. 


Terkait berkembangnya isu negatif ada upaya pencaplokan rumah warga sekitar, Luhut menegaskan sikap pemerintah. "Pertanyaanya untuk apa kita ambil rumah mereka, justru kita bantu. Pemerintah mau rumah itu dikembalikan seperti aslinya, yaitu Rumah Batak, agar nanti turis bisa datang ke situ. Atau rumah itu dijadikan homestay, dan masyarakat yang terima langsung untungnya,” lanjut Menko Luhut.

Usai peresmian, di lokasi sama ada penandatangan perjanjian kerja sama dengan 6 investor yang akan membangun resort di kawasan Sibisa. Bahkan salah satu investor telah melakukan kegiatan peletakan batu pertama pembangunan Luxury Glamping di hari tersebut. Luhut juga mengundang perwakilan warga Desa Sigapiton untuk makan semeja. Hal ini merupakan upayanya untuk duduk bersama dan mendengarkan keluh kesah masyarakat, lalu mencari jalan keluar yang menguntungkan bagi seluruh pihak.

“Rakyat itu mau didengarkan, saya harap tidak ada masalah, semisal mereka minta masalah pendidikan diperhatikan, kemudian jadi pegawai di sini (Kawasan Toba Caldera Resort-red). Saya kira hal tersebut dapat dicarikan solusinya dan dapat dibicarakan. Mereka hanya khawatir jikalau pemerintah tidak memperhatikannya. Saya bilang, pemerintah pasti akan memperhatikan mereka, saya jamin itu,” tegas Luhut (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala