Home » » Menko Luhut: Jerman Peringkat Kelima Investor Teratas Di Indonesia

Menko Luhut: Jerman Peringkat Kelima Investor Teratas Di Indonesia

Hubungan diplomatik Indonesia-Jerman telah terjalin lebih 60 tahun

Jakarta (IndonesiaMandiri) - Mewakili Pemerintah Republik Indonesia, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut B. Pandjaitan hadiri sebagai tamu kehormatan di perayaan Hari Penyatuan Jerman, di Jakarta baru-baru ini. “Ekonomi dan pembangunan adalah sektor kunci untuk membangun hubungan persahabatan ini. Pada 2018 Jerman adalah mitra terbesar bagi Indonesia, dan pada tahun ini Jerman ada di peringkat 5 teratas investor di Indonesia dengan total nilai investasi sebesar 280 milyar USD,”
jelas Luhut. 

Menko Luhut yang didampingi Perdana Menteri Negara Bagian Niedersachsen, Jerman, Stephen Weil dan juga Duta Besar Republik Federasi Jerman untuk Indonesia, Peter Schoff menjelaskan, Indonesia dan Jerman juga menjalin kerja sama di pendidikan vokasi dan energi berkelanjutan, serta kerjasama maritim yang sangat signifikan. “Kami juga bekerja sama di bidang pengembangan sumber daya manusia, dan saya kira ini sangat penting. Kami juga ingin melanjutkan program pembangunan infrastruktur dan itu juga kami butuh dukungan dari Jerman,” harapnya.

Dalam perayaan Penyatuan Jerman tersebut, PM Niedersachsen, Stephen Weil yang baru pertama kali ke Indonesia mengungkapkan, dirinya telah sering melihat acara perayaan Penyatuan Jerman di berbagai negara, namun, ia mengaku takjub dengan antusiasme masyarakat Indonesia. Baru disini, di Indonesia, hadirin yang datang begitu banyak dan sangat antusias untuk ikut merayakan Penyatuan Jerman. Ini luar biasa dan membuktikan betapa eratnya hubungan persahabatan kita,” pujinya.

Menurutnya, maksud dari kunjungannya adalah guna meningkatkan hubungan ekonomi, seperti pertukaran teknologi baru, pengembangan kota modern, perlindungan iklim, dan transfer ilmu di bidang sains dan industri. “Serta kehidupan bersama yang harmonis antara agama dan budaya yang berbeda,” jelas PM Stephen.

Sementara itu, Duta Besar Jerman untuk Indonesia, Peter Schoof mengatakan Jerman dan Uni Eropa (UE) secara luas berharap Indonesia untuk terus melanjutkan hubungan persahabatan ini sampai ke mas akan datang (ma).

Thanks for reading & sharing Indonesia Mandiri

Previous
« Prev Post

Menuju Indonesia Mandiri

Populer