Home » » Festival Budaya Iseng Mulang Cermin Kekayaan Budaya Kalimantan Tengah

Festival Budaya Iseng Mulang Cermin Kekayaan Budaya Kalimantan Tengah

Posted by INDONESIA MANDIRI on Senin, 24 Juni 2019

Even Iseng Mulang banyak dinanti wisatawan

Palangkaraya (IndonesiaMandiri) - Tradisi dan budaya suku Dayak ditampilkan dalam Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) untuk menarik wisatawan datang ke Palangkaraya Kalimantan Tengah (Kalteng. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalimantan Tengah Falery Tuwan, di Taman Budaya, Palangkaraya mengatakan, beragam budaya Suku Dayak ditampilkan di FBIM 2019 di antaranya Lawang Sakepeng dan Sepak Sawut (21/6).

“Lawang Sakepeng biasa dilakukan pada saat acara-acara pernikahan, dari pihak laki-laki dan perempuan ada pemainnya masing-masing, mereka bertemu di satu titik garis,” ujar Falery Tuwan. Saat FBIM digelar mulai 17-21 Juni 2019, Lawang Sakepeng menjadi salah satu acara tradisi dilombakan sehingga jadi atraksi untuk menarik perhatian wisatawan. Menariknya, setiap daerah memiliki gerakan khas semacam silat namun dengan atraksi yang berbeda tergantung tempat tinggal masing-masing.

Iseng Mulang juga berarti Pantang Mundur
Ketua Pelaksana Calendar of Event Kemenpar Esthy Reko Astuty menjelaskan, “atraksi yang ditampilkan sangat menarik dan membuat event ini berlangsung meriah. Dalam bahasa lokal, Isen Mulang berarti tidak pernah mundur. Ini merupakan moto Palangkaraya yang menggambarkan keberanian masyarakat setempat,” jelasnya.

Esthy juga menuturkan, Festival Budaya Isen Mulang menjadi momentum yang pas untuk membangkitkan industri pariwisata di Kalimantan Tengah. Kegiatan ini kental dengan nuansa budaya yang dikemas dengan standar nasional (fm/pn).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link INDONESIA MANDIRI

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri