Home » » Menpar Tekankan Komitmen Pimpinan Daerah Unggulkan Pariwisata

Menpar Tekankan Komitmen Pimpinan Daerah Unggulkan Pariwisata

Posted by Indonesia Mandiri on April 16, 2019

Komitmen pimpinan daerah sangat menentukan majukan pariwisata nasional

Jakarta (IndonesiaMandiri) - Menteri Pariwisata Arief Yahya menekankan pentingnya komitmen pemimpin daerah CEO untuk menjadikan sektor pariwisata sebagai primadona bagi daerah-daerah di Indonesia. Karena pariwisata sudah ditetapkan sebagai sektor unggulan oleh Presiden Joko Widodo, yang diyakini mampu menjadi penyumbang devisa terbesar.

“Selama ini pariwisata tidak pernah ditetapkan sebagai _leading sector_, baru sekali ini ditetapkan oleh Presiden Jokowi. Manfaatnya, setelah ditetapkan, tidak ada yang tidak mendukung pengembangan sektor pariwisata,” kata Arief Yahya saat menjadi _Keynote Speaker_ pada acara Ngobrol @Tempo, di Gedung Tempo Palmerah, Jakarta (15/4). Pembicara lainnya adalah Bupati Banyuwangi Azwar Anas dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum.

Setelah ditetapkan sebagai _leading sector_, pembangunan dan target pariwisata masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) yang kemudian dirumuskan dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP). Menurut Arief Yahya, penetapan pariwisata sebagai leading sector merupakan bentuk CEO Commitment di semua daerah bertujuan untuk menggerakkan perekonomian bangsa.

Ia menjelaskan dalam komitmennya untuk memajukan pariwisata, seorang pemimpin di tingkat apapun atau CEO memiliki sejumlah tugas utama yaitu menetapkan arah, mengalokasikan sumber daya, dan melakukan eksekusi. Sebagai CEO dalam sektor pariwisata, lanjutnya, dibutuhkan suatu proses dan komitmen yang kuat untuk mencapai pertumbuhan di level _double digit_. “Dalam lima tahun ini, tantangan terbesar saya adalah mengubah birokrasi menjadi korporasi. Hal tersebut tidak mudah. Birokrasi mementingkan cara, sementara saya mementingkan tujuan,” ujarnya (ay/ma).

Foto: abri

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala