Home » » Bandara Sibisa Gairahkan Pariwisata Danau Toba

Bandara Sibisa Gairahkan Pariwisata Danau Toba

Posted by Indonesia Mandiri on April 14, 2019

Bandara Sibisa permudah akses wisatawan ke Danau Toba

Toba Samosir/Sumut (IndonesiaMandiri) - Kian banyak akses dengan jalur udara bila ingin mengunjungi Danau Toba, dengan dibukanya secara resmi Bandara Sibisa melayani penerbangan perintis dengan rute Binaka-Sibisa-Binaka mulai 12 April 2019. Bandara udara di Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir, Sumatra Utara ini memiliki ukuran landasan pacu 1.200x30 meter, berjarak 10 kilometer dari Kota Parapat, Danau Toba.

Bandara Sibisa juga memiliki Terminal penumpang yang baru dibangun. Saat ini, masih dibawah penelolaan UPT Kementerian Perhubungan, dibawah Ditjen Perhubungan Udara. “Dengan beroperasinya Bandara Sibisa ini, semakin memperbanyak alternatif menuju Danau Toba. Karena terletak di Kabupaten Toba Samosir. Jarak ke Kota Wisata Parapat sekitar 12 Km atau sekitar 20 menit perjalanan mobil," ujar Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), Arie Prasetyo beberapq hari lalu.

Posisi Bandara Sibisa cukup strategis, dan juga bersebelahan dengan lokasi Lahan Zona Otorita Sibisa, kawasan Resort Pariwisata sekelas Nusadua Bali yang akan dikembangkan oleh BPODT.
Saat ini, Bandara Sibisa beroperasi sebagai bandara perintis. Namun ke depannya, dapat dikembangkan menjadi Bandara kelas menengah untuk penerbangan jarak pendek dan menengah dari dan ke Medan, Banda Aceh, Riau dan Kepulauan Riau, serta daerah lain di Sumatera Utara. "Juga sangat berpotensi menjadi hub/pusat kegiatan olahraga dirgantara, serta penerbangan khusus atau charter flight," tambah Arie.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menerangkan, Bandara Sibisa memiliki fungsi strategis. Percepatan pengembangan bandara akan menambah akselerasi pertumbuhan Danau Toba sebagai Kawasan Pariwisata Strategis Nasional. Belum lagi, Bandara Sibisa hanya 30 menit dari Danau Kaldera Danau Toba (am/ma).

Foto: BPODT




Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

About me

Indonesia Mandiri

Facebook

Cakrawala

About us

NeoMag is a blogging Blogger theme featuring a sleek, stylish and modern design suitable for everyone who loves to share their stuff online.