Home » » Papua Barat Kukuhkan Sebagai Provinsi Konservasi Pertama Di Dunia

Papua Barat Kukuhkan Sebagai Provinsi Konservasi Pertama Di Dunia

Keunikan alam Papua Barat layak dijadikan daerah konservasi


Manokwari/Papua Barat (IndonesiaMandiri) - DPRD Provinsi Papua Barat sejak 21 Maret mengesahkan Peraturan Daerah Khusus/Perdasus Provinsi Pembangunan Berkelanjutan, yang menjadikan Papua Barat sebagai provinsi konservasi pertama di Indonesia bahkan di dunia. Provinsi Pembangunan Berkelanjutan Papua Barat yang baru disahkan ini menempatkan pembangunan berkelanjutan dan konservasi di garis depan dari setiap kegiatan ekonomi dan pembangunan. Pengesahan itu dilakukan bersama 6 Perdasus lainnya dalam Rapat Paripurna DPRD Provinsi Papua Barat Masa Sidang ke-1 pada 2019 (21/3).

Ketua DPRD Provinsi Papua Barat Pieter Kodjol mengatakan, "Peraturan daerah khusus tentang pembangunan berkelanjutan adalah untuk memastikan bahwa pembangunan di Papua Barat dilakukan sesuai dengan aturan lingkungan, serta memastikan kesejahteraan untuk masyarakat."

Papua Barat terletak di Bentang Laut Kepala Burung, adalah salah satu daerah dengan keanekaragaman hayati paling banyak di Bumi, tempat bagi lebih dari 1.800 spesies ikan, habitat bagi 75% karang keras dunia, dan hingga hari ini spesies baru terus ditemukan. Dengan 90% tutupan hutan, maka ekosistem hutan ini merupakan hutan hujan terbesar kedua di dunia, yang sebagian besar masih belum dijelajahi.

Lembaga swadaya masyarakat internasional yang peduli soal konservasi alam, Conservation International/CI menyambut positif keputusan DPRD Pemprov Papua Barut tersebut. “Sekarang dunia dapat melihat ke Papua Barat sebagai standar global baru. Peraturan Daerah ini membantu menunjukkan bahwa melindungi ekosistem bumi akan membuka nilai untuk pembangunan berkelanjutan dan mata pencaharian. Ini adalah cetak biru untuk pembangunan dan konservasi yang bermanfaat bagi semua orang di bumi ini," kata Jennifer Morris, Presiden Conservation International.

CI juga telah membentuk Tim Conservation International West Papua yang turut mengawal proses kebijakan DPRD tersebut. “Kepada Pemerintah Daerah Papua Barat, Gubernur Dominggus Mandacan dan staf, terima kasih untuk bertindak sekarang dan untuk pekerjaan yang akan datang. Kami terinspirasi oleh visi Anda dan berharap dapat bekerja sama dengan Anda untuk mewujudkannya,” lanjut Morris (ma).

Foto: Dok. CI


Thanks for reading & sharing Indonesia Mandiri

Previous
« Prev Post

Menuju Indonesia Mandiri

Populer