Home » » Mahasiswa Pariwisata Layak Kantongi Sertifikasi Profesi

Mahasiswa Pariwisata Layak Kantongi Sertifikasi Profesi

Kehandalan mahasiswa PoltekPar wajib tersertifikasi

Medan/Sumut (IndonesiaMandiri) - Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (PTNP) terus berbenah guna antisipasi dan bertarung di pasar global dalam bidang profesionalisme sumber daya manusianya. Langkah nyata yang dilakukan PTNP dibawah Kementerian Pariwisata/Kemenpar adalah sertifikasi dalam bidang pariwisata bagi seluruh anak didik. Semua mahasiswa yang lulus dipastikan sudah memiliki sertfikasi kompetensi sesuai dengan bidang digeluti selama perkuliahan.

Tujuan sertifikasi profesi untuk memastikan dan memelihara kompetensi yang telah didapat melalui proses pembelajaran formal, non formal, pelatihan kerja, ataupun pengalaman kerja. Karena dalam dunia kerja nantinya kompetensi harus dipelihara. Misalnya Politeknik Pariwisata/PoktekPar Medan telah memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi P1 untuk terhadap mahasiswa yang telah dilisensi otoritas sertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi Indonesia (BNSP).

Menurut Direktur PoltekPar Medan Anwari Masatip, “service execellent adalah kunci utama peningkatan kunjungan pariwisata, pelayanan sempurna ini harus ditanam dan diberikan pada mahasiswa pariwisata sejak dini melalui pembelajaran teori dan praktek. Pengakuan bahwa mahasiswa telah memiliki service excellent adalah melalui sertifikasi profesi dari Lembaga Sertifikasi P1 yang telah diakui oleh BNSP.”

Saat ini PoltekPar Medan telah memiliki 62 Asesor tersertifikasi BNSP yang bertugas melakukan asesmen kepada mahasiswa. Sertifikasi akan menghasilkan sebuah sertifikat sebagai bukti pengakuan bahwa seseorang telah berkompeten dalam bidang yang digeluti. Selain itu, bagi perusahaan dengan memilih calon-calon pekerja atau memiliki pekerja dengan sertifikat kompetensi juga akan meningkatkan produktifitas, profesionalisme kerja dan tentunya calon pekerja terjamin mutunya (wm/ma).

Foto: Istimewa


Thanks for reading & sharing Indonesia Mandiri

Previous
« Prev Post

Menuju Indonesia Mandiri

Populer