Pushidrosal Sarankan Mobile Tanker Bantu Nelayan Di Perairan Natuna

Mobil tanker akan bantu BBM nelayan di Natuna

Jakarta (IndonesiaMandiri) - Kawasan beranda perbatasan negara terdepan Indonesia, terutama di Perairan Natuna, Kepulauan Riau, akan dilengkapi dengan pos pengisian bahan bakar terapung Pertamina atau mobile tanker untuk mudahkan kapal nelayan jika ingin melaut mencari ikan.

Hal ini merupakan pokok bahasan dalam rapat teknis yang digelar Pushidrosal (Pusat Hidrografi dan Oseanografi) bersama perwakilan dari Kemenlu, Ditjen Hubla Kemenhub, KKP, Kejaksaan Agung, Pertamina, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau dan Kalimantan Barat, Pemkab Natuna, Mabes TNI AL serta Koarmada I, di Jakarta (11/2).

Mobile tanker dipergunakan untuk suplai kebutuhan BBM nelayan di kawasan Natuna melalui program Pembangunan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT), memajukan potensi sektor kelautan dan perikanan khususnya di pulau-pulau kecil dan kawasan perbatasan, sehingga membantu ekonomi daerah.

Kapushidrosal Laksda TNI Harjo Susmoro menyampaikan pentingnya kajian aspek hidrografi dalam penentuan Rencana Pemilihan Lokasi Penempatan Kapal Tanker di Natuna sebagai tindakan preventif untuk keselamatan pelayaran, serta menimbang aspek tata ruang wilayah perairan.

Dari tiga lokasi yang diusulkan untuk mobile tanker (Pulau Laut, Sisi Timur Pelabuhan Penagi dan Utara Pelabuhan Tarempa), maka Pushidrosal sarankan penempatan mobile tanker berada di Selatan Pulau Laut, dengan pertimbangan diantaranya karena di pusat dari ZEEI (zona ekonomi eksklusif Indonesia) dengan jarak relatif sama ke arah Barat-Utara dan Timur sehingga memudahkan operasional kapal di perairan Laut Natuna Utara (ma).

Foto: Dok.Pushidrosal
Share:

Arsip