Pesona Cap Go Meh di Singkawang Sangat Diminati Puluhan Ribu Wisatawan

Festival Cap Go Meh Singkawang Dinanti wisatawan

Singkawang/Kalbar (IndonesiMandiri) - Acara puncak perayaan Cap Go Meh 2019 di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, dibanjiri lebih dari 70.000 wisatawan mancanegara/wisman dan nusantara/wisnus.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya saat membuka Festival Cap Go Meh mengatakan festival ini diharapkan bisa memberikan dampak dari sisi nilai kreatif dan nilai komersial (19/2). "Dari sisi 'commercial value' kedatangan banyak wisatawan akan memberikan dampak ekonomi langsung bagi masyarakat,” katanya.

Tercatat, Festival Cap Go Meh ini dihadiri sekitar 76.964, meningkat dari 2018 yang hanya 70.000 wisatawan. Sebagian besar wisman berasal dari Taiwan, Singapura, Australia, Malaysia, Hongkong, Macau, Thailand, dan Filipina. Para wisatawan
penuhu jalan Diponegoro, Kota Singkawang, menanti arak-arakan 12 replika naga berukuran 20 meter dan 1.050 patung dalam rangkaian acara puncak Cap Go Meh.

Singkawang telah ditetapkan sebagai kota toleran
Sementara Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie mengatakan, Festival Cap Go Meh sudah ditetapkan menjadi event skala nasional dan dinanti wisman sehingga keberlangsungannya harus dipertahankan. Kota Singkawang, lanjut Tjhai Chui Mie, merupakan kota multietnis dan dapat dikatakan sebagai cerminan dari Indonesia yang plural, berbeda-beda tetapi tetap satu (ma/ay).

Foto: Dok. Kemenpar
Share:

Arsip