Home » » Kegiatan Bersih Sampah Serentak Di Delapan Kota Jawa Tengah

Kegiatan Bersih Sampah Serentak Di Delapan Kota Jawa Tengah

Posted by INDONESIA MANDIRI on Minggu, 24 Februari 2019

Sejak dini mesti diajarkan peduli kebersihan sampah
Semarang/Jateng (IndonesiaMandiri) - Peringati Hari Peduli Sampah Nasional/HPSN bertema “Kelola Sampah, Hidup Bersih, Sehat dan Bernilai,” dilakukan bersih sampah atau Clean Up di delapan kota yaitu Kendal, Tegal, Brebes, Pemalang, Batang, Rembang, Jepara dan Kebumen. Kegiatan dipilih di kota memiliki sungai besar dan pantai untuk mewujudkan sinergi dalam mengurangi sampah termasuk sampah plastik.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan/LHK, Siti Nurbaya didampingi Bupati Kendal, Mirna Annisa, serta masyarakat ikut kegiatan bersih sampah di Pantai Sendang Sikucing, Kendal (24/2). Menteri Siti mengajak masyarakat kurangi sampah dari rumah sendiri dan jadikan HPSN momentum mengajak seluruh pihak mewujudkan kesamaan langkah dan keperdulian pengelolaan sampah di Indonesia.


Menteri LHK Siti Nurbaya terjun langsung ajak peduli bersihkan sampah

"Rencana Pemerintah pada 2025, kita harus bisa mengurangi sampah sebesar 30 persen. Sampah ini yang paling banyak datangnya dari rumah tangga,” jelas Menteri Siti yang menyebut sampah kini baru bisa dikurangi 2,7-3 persen di Indonesia. Menteri Siti mengajak masyarakat untuk ikut mengurangi sampah, dengan memilah yang baik yang bisa gunakan ulang, atau dijadikan produk lain dengan daur ulang.


Menurut Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya KLHK Rosa Vivien Ratnawati, menyatakan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah cenderung meningkat. Data di kantornya, dalam 4 tahun terakhir jumlah Bank Sampah meningkat signifikan dari 1.172 unit menjadi 7.488 unit (dh).



Foto: Dok. KLHK

Terimakasih sudah membaca & membagikan link INDONESIA MANDIRI

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri