Kawasan Jakabaring Unggul Sebagai Destinasi Wisata Olahraga Terpadu

Menpar Arief Yahya jajal sarana bowling di Jakabaring
Palembang (IndonesiaMandiri) - Menteri Pariwisata/Menpar Arief Yahya ingin menjadikan kawasan Jakabaringsebagai destinasi wisata olahraga unggulan saat meninjau Jakabaring Sport City (JSC) di Palembang (6/2).


“Kawasan olahraga Jakabaring Palembang ini satu-satunya tempat olahraga yang terintegrasi sehingga layak menjadi destinasi wisata olahraga unggulan di Indonesia," ujar Menpar.
Dalam kunjungannya di kawasan Jakabaring, Menpar Arief Yahya didampingi Direktur Utama JSC Meina Fatriani Paloh.



"Sport Tourism event tidak bisa berdiri sendiri. Pendapatan event olahraga terdiri dari beberapa hal seperti 60 persen dari TV broadcasting, 30 persen suvenir atau merchandising, hanya 10 persen pendapatan dari tiket,” ungkap Menpar Arief.



Jakabaring miliki banyak keunggulan sebagai sport centre
Menpar Arief Yahya juga meminta pengelola JSC segera melakukan kajian tolak ukur dari negara tetangga yang juga memiliki kawasan olahraga terintegrasi (sport city multi venues-multi events), seperti Melbourne, Australia, yang memiliki kawasan "venue" olahraga di tepi Sungai Yara, sebagai titik bertemu semua lapangan olahraga serta pusat pelatihan atlet terpadu.



“Kami ingin membuat JSC sebagai kawasan pariwisata berkonsep Sport City dan MICE. Kami membutuhkan dukungan kebijakan, prosedur teknis, dan SDM yang memadai,” Dirut JSC Meina menanggapi ajakan Menpar (ma).



Foto: Dok. Kemenpar
Share:

Arsip