Home » » KLHK Bahas Antisipasi Hadapi Berbagai Bencana Lingkungan

KLHK Bahas Antisipasi Hadapi Berbagai Bencana Lingkungan

Posted by Indonesia Mandiri on Januari 13, 2019

Pemahaman tentang kebencanaan harus dipahami publik

Jakarta (IndonesiaMandiri) - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan/LHK Siti Nurbaya menegaskan tiga hal penting dalam pemulihan bencana lingkungan. Ketiga hal tersebut adalah: Pengurangan resiko dan ketahanan terhadap bencana (Disaster Risk Reduction and Resilience); Respon/tanggap darurat (Emergency response); serta Pemulihan awal dan pemulihan jangka panjang (Early recovery and recovery).

“Dampak dari sebuah bencana alam dapat menimpa manusia dan lingkungan. Bisa jadi manusia menjadi penyebab bencana lingkungan, atau sebaliknya lingkungan memberikan bencana kepada manusia. Untuk itu kita harus mereduksi resiko bencana, merespon dengan cepat, dan mempersiapkan pemulihan awal serta antisipasi dampak lebih lanjut yang terkadang lebih berbahaya bagi manusia maupun lingkungan,” ucap Menteri Siti usai rapat bersama jajaran KLHK, BMKG, BNPB, BPPT, serta perwakilan PBB bidang lingkungan (11/1).

Menteri Siti mencontohkan, “Sering kali kita perlu mengantisipasi hal yang lebih buruk saat bencana telah berhenti. Misalnya bagaimana kita merespon dan memulihkan sebuah lokasi bencana yang ternyata disitu juga terdapat banyak pabrik kimia. Jika tidak direspon dengan baik tentu menjadi ancaman serius bagi manusia dan lingkungan dalam jangka panjang.”

Oleh sebab itu, Menteri Siti meminta seluruh jajaran di KLHK dan kementerian/lembaga terkait bencana lingkungan untuk saling bersinergi dalam pemulihan bencana alam. Diperlukan inventarisasi teknologi dan sumberdaya yang dimiliki oleh KLHK, BMKG, BNPB, BPPT serta LAPAN dan kemudian diintegrasikan secara bersama.

Koordinator Bencana dan Konflik UN Environment Asia Pasifik, Lisa Guppy yang turut hadir menyampaikan PBB dukung Indonesia dalam meningkatkan kapasitas yang telah ada. “Indonesia adalah prioritas regional UN Environment mengingat potensi bencana yang sangat tinggi di negara ini. Kantor Pusat,” ucap Lisa (ma).

Foto: abri

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala