Kadispenau Marsekal Pertama Jemi Trisonjaya "Agar Masyarakat LebihDekat dan Cinta TNI AU.."

Jakarta ( IndonesiaMandiri ) Setiap 9 April, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) merayakan hari jadinya. Di 2017, TNI AU akan...

Jakarta (IndonesiaMandiri) Setiap 9 April, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) merayakan hari jadinya. Di 2017, TNI AU akan memasuki usia ke-71 tahun. Dan sudah menjadi tradisi, sepanjang April dijadikan "bulan dirgantara" oleh TNI AU dengan menggelar berbagai kegiatan agar masyarakat lebih mengenal, dekat dan mencintai prajurit di angkasa nusantara ini.

Untuk 2017, misalnya, sejak 30 Maret hingga akhir April, sudah dipadati dengan kegiatan dan atraksi yang terkait dengan kedirgantaraan, seperti terjun payung, terbang layang, paralayang, aeromodelling, pameran dirgantara, seminar kedirgantaraan, dan masih banyak lagi,

Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma Jemi Trisonjaya, adalah salah satu perwira tinggi yang paling sibuk melakukan sosialisasi "bulan dirgantara" ini agar bisa dinikmati dengan baik dan nyaman oleh masyarakat. Di tengah kesibukannya, Marsekal bintang satu kelahiran Bandung 30 April 1967dan pernah menjabat sebagai Koordinator Staf Pribadi Panglima TNI ini, menjawab beberapa pertanyaan dari IndonesiaMandiri.

Indonsia Mandiri (IM).  Apa yang melatarbelakangi dibuatnya acara "bulan dirgantara" jelang hut TNI AU 9 April?
Jemi Trisonjaya  (JT). Bulan dirgantara sudah menjadi program TNI AU dalam rangka mengajak masyarakat untuk lebih dekat dan cinta terhadap kedirgantaraan, serta lebih mengenal TNI lebih dekat.
(IM). Ada berapa kota yang dijadikan tempat utk giat bulan dirgantara?
((JT). Bulan dirgantara ini dilaksanakan di seluruh Pangkalan Udara (Lanud) di Indonesia, mulai dari Sabang hingga Merauke.
(IM). Target apa yg ingin dicapai dalam even bulan dirgantara ini?
(JT).Target yg ingin dicapai, yaitu kedekatan rakyat dgn TNI umumnya, khususnya TNI AU, serta mengajak para pemuda untuk mengabdikan diri kepada  negara, bergabung dgn TNI AU.
(IM). Terkait dengan minat pemuda Tanah Air untuk masuk menjadi prajurit TNi AU, bagaimana trend perkembangannya lima tahun terakhir ini? Profesi apa yang paling banyak diminati ?
(JT). Animo masyarakat untuk masuk menjadi TNI AU sangat baik, tetapi rata-rata para pemuda/pemudi agar mempersiapkan diri dengan baik sehingga bisa lulus diterima di TNI AU sesuai dengan cita-citanya.
(IM). Saat ini, berapa total jumlah prajurit TNI AU&berapa postur ideal jumlah prajurit TNI AU?
(JT). Jumlah prajurit TNI saat ini sekitar 30.000 lebih dan postur ideal tentunya disesuaikan dengan kebutuhan serta tantangan tugas kedepan.
(IM). Dengan luasnya wilayah udara RI, adakah kemungkinan penambahan komando operasi TNI yang kini hanya ada dua?
(JT). Konsep  kedepan memang ada rencana pengembangan Koopsau (Komando Operasi Angkatan Udara) menjadi tiga, yaitu koopsau 3 yg rencananya akan bermarkas di Papua.
(IM). Untuk penerbang perempuan, berapa saat ini yang sudah dimiliki TNI AU dan dalam jenis pesawat apa saja?
(JT). Untuk saat ini penerbang perempuan yang aktif hanya dua orang. Satu orang penerbang fixwing dan satu lagi rotary wing (helikopter). Tetapi beberapa waktu yang lalu ada sekitar empat penerbang perempuan & ada yang sudah mendapat jabatan marsekal pertama (Marsma). Tetapi  sudah pensiun.
(IM). Bagaimana tahapan seleksi dan pendidikan untuk menjadi penerbang pesawat tempur?
(JT). Untuk lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU),  seleksi dilaksanakan kepada seluruh lulusan. Setelah lulus akan menjadi siswa sekolah penerbang. Dari hasil test & terbangnya akan terlihat arah bakat masing-masing, Apakah cocok untuk ditempatkan menjadi penerbang heli, transport atau tempur.
(IM). Apakah untuk saat ini jumlah penerbang tempur yang dimiliki sudah memadai? untuk perempuan, berapa penerbang tempur yang dimiliki TNI AU?
(JT). Penerbang pesawat tempur saat ini belum memadai dengan adanya pertambahan pesawat-pesawat baru & masih dilakukan pembinaan terhadap penerbang-penerbang yang akan mengawaki pesawat tempur. Sampai saat ini belum ada penerbang tempur perempuan.
(IM). Untuk olahraga atau hobi yang terkait dg kedirgantaraan (FASI), saat ini bagaimana minat dari publik utk tergabung di dalamnya?
(JT). Minat olahraga kedirgantaraan (FASI) memang banyak diminati, karena untuk kegiatan ini diperlukan minat/ hobi sebagai salah satu kesenangan dalam kegiatan dirgantara (bri).
Foto: dispenau/abri
Nama

Advertorial,13,Alutsista,261,Arsip,87,Artikel,2,ATHG,394,Bela Negara,343,Bencana Alam,1,Berita Duka,3,Bilateral,15,Bisnis,135,Budaya,4,Covid-19,22,Daerah,4,Ekonomi dan Bisnis,192,Ekonomi Politik,4,Ekraf,23,Energi,1,Footer,3,Gaya Hidup,70,Gotong Royong,2,Hankam,1,Hidup Sehat,133,Hipertensi,6,Internasional,498,IPTEK,19,Jendela Nusantara,243,Kata Bijak,7,Kegiatan Sosial,3,Kode Etik,1,Lingkungan,343,Literasi,2,Logika Berfikir,11,Maritim,5,Militer,62,Obat Alami,6,Olahraga,32,Opini,12,Pahlawan Kemerdekaan,2,Pariwisata,10,Pendapat,2,Pendidikan,10,Pesona Nusantara,440,Politik,1,Ragam,318,Sastra Budaya,7,SDA,8,SDM,425,Sehat,55,Sejarah,28,Seni Budaya,11,Sosial Budaya,2,Sosok,12,Tani Darat,123,Tani Laut,94,Teras Indonesia,531,TNI-POLRI,17,Transportasi,217,UMKM,3,Wacana,2,Wawancara,4,Wisata,11,
ltr
item
INDONESIA MANDIRI | Berita Indonesia Mandiri: Kadispenau Marsekal Pertama Jemi Trisonjaya "Agar Masyarakat LebihDekat dan Cinta TNI AU.."
Kadispenau Marsekal Pertama Jemi Trisonjaya "Agar Masyarakat LebihDekat dan Cinta TNI AU.."
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgxiuxrPgBP2ptOmcav9Uhxq-AGQeuC9oEVI0zFhjSTI5pU0cDFlifH12l7lhMph4PgYtafeOxGd6nqnlgI0IS96Gka2Bv7SqC52oX5oE3YKTtYuHQj5oO5o0rOXFq2tZrCuzha3uJ_Hpbr/s640/Indonesia+Mandiri+-+Kadispenau+Marsekal+Pertama+Jemi+Trisonjaya+-+Agar+Masyarakat+LebihDekat+dan+Cinta+TNI+AU...jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgxiuxrPgBP2ptOmcav9Uhxq-AGQeuC9oEVI0zFhjSTI5pU0cDFlifH12l7lhMph4PgYtafeOxGd6nqnlgI0IS96Gka2Bv7SqC52oX5oE3YKTtYuHQj5oO5o0rOXFq2tZrCuzha3uJ_Hpbr/s72-c/Indonesia+Mandiri+-+Kadispenau+Marsekal+Pertama+Jemi+Trisonjaya+-+Agar+Masyarakat+LebihDekat+dan+Cinta+TNI+AU...jpg
INDONESIA MANDIRI | Berita Indonesia Mandiri
https://www.indonesiamandiri.web.id/2017/04/kadispenau-marsekal-pertama-jemi.html
https://www.indonesiamandiri.web.id/
https://www.indonesiamandiri.web.id/
https://www.indonesiamandiri.web.id/2017/04/kadispenau-marsekal-pertama-jemi.html
true
8310179826723655374
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy