Muntok, Daya Tarik Baru di Babel

Muntok ( IndonesiaMandiri ) - Erina Loo, salah satu pembicara dalam workshop sehari tentang "Pengembangan Kota Tua & Pameran Rumah ...

Muntok (IndonesiaMandiri) - Erina Loo, salah satu pembicara dalam workshop sehari tentang "Pengembangan Kota Tua & Pameran Rumah Singgah" di Muntok, Kabupaten Bangka Barat (12/9) sangat terkejut saat menginap di Hotel Yasmin ada petunjuk tripadvisor. "Ini tanda bagi para turis ke berbagai negara di dunia dalam mencari tempat penginapan. Nah, Muntok sudah ditandai, berarti lebih dikenal secara internasional," kata Erina dari Southeast Asia Tourist Guide Association yang tinggal di Malaysia.

Workshop ini sudah dirancang sejak lama oleh Pemkab Bangka Barat dalam rangka memberdayakan masyarakatnya untuk lebih mencintai dan memelihara kekayaan daerah. Intinya, dengan masyarakat memahami dan mencintai daerahnya, maka pengunjung atau wisatawan akan datang dengan sendirinya.

Muntok, sebagai ibukota Kabupaten Bangka Barat, memang memiliki banyak potensi wisata budaya dan sejarah yang bisa ditawarkan. Belum lagi keindahan beberapa pantainya kian menambah pesonanya. Namun, yang terpenting diingat untuk Muntok adalah adanya tambang Timah di bumi Muntok sekian abad lalu.

Banyak sekali peninggalan bangunan bersejarah perusahaan Timah yang dahulu dibangun oleh Belanda, seperti perkantoran, perumahan, dan lain-lain. Juga budaya Cina turut mewarnai Muntok, di mana kehadiran Klenteng Tua Kung Fuk Miaw yang sudah ada sejak 1800an.

Menariknya, Klenteng tersebut bersebelahan dengan Masjid Jami yang usianya sama tua dengan kelenteng. Pengaruh Melayu juga sangat kental di Muntok khususnya dan Bangka umumnya. Itu sebabnya lagam bahasa Indonesia-Melayu lebih terdengar dalam percakapan masyarakat sehari-hari.

Untuk mempertahankan nuansa tempo dulu ini, maka Muntok ditetapkan sebagai Kota Pusaka dengan kekayaan wisata budaya dan sejarahnya. Itu pula titik berat workshop yang melibatkan banyak peserta dari negara ASEAN di Muntok.

Tadjuddin, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bangka Belitung, pun mengakui bahwa Muntok sudah ditetapkan dalam kluster wisata sejarah, seperti aset kota tuanya. "Rumah singgah (home stay) juga diperbanyak untuk menjadi daya tarik wisatawan yang ke Muntok," kata Tadjuddin.

Kini, target capaian wisatawan lokal dan mancanegara ke Provinsi Bangka Belitung terus meningkat. "Kalau dari luar negeri yang banyak dari Singapura, Malaysia, jepang, Austtalia dan Korea. Bila dari dalam negeri, wisatawan dari Jakarta, Bandung dan Palembang paling dominan kesini," sambung Tadjuddin. Ini akan bertambah lagi kunjungan wisatawan bila bandara di Pangkal Pinang dan Belitung nantinya menjadi berkelas internasional.

Menurut Lokot Ahmad Enda, Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Wisata Budaya dari Kementerian Pariwisata, prospek untuk Muntok sebagai ikon wisata budaya dan sejarah di Bangka sangat baik. "Kita di Kementerian Pariwisata sangat mendukung. Tinggal sekarang masyarakat Muntok di Kabupaten Bangka Barat juga harus siap menjadikan daerahnya sebagai tujuan wisata," tegas Lokot yang begitu terkesan melihat perkembangan Muntok dalam merawat aset kota tuanya (Abri) Foto : Abri

Nama

Advertorial,13,Alutsista,261,Arsip,87,Artikel,2,ATHG,394,Bela Negara,343,Bencana Alam,1,Berita Duka,3,Bilateral,15,Bisnis,135,Budaya,4,Covid-19,22,Daerah,4,Ekonomi dan Bisnis,192,Ekonomi Politik,4,Ekraf,23,Energi,1,Footer,3,Gaya Hidup,70,Gotong Royong,2,Hankam,1,Hidup Sehat,133,Hipertensi,6,Internasional,498,IPTEK,19,Jendela Nusantara,243,Kata Bijak,7,Kegiatan Sosial,3,Kode Etik,1,Lingkungan,343,Literasi,2,Logika Berfikir,11,Maritim,5,Militer,62,Obat Alami,6,Olahraga,32,Opini,12,Pahlawan Kemerdekaan,2,Pariwisata,10,Pendapat,2,Pendidikan,10,Pesona Nusantara,440,Politik,1,Ragam,318,Sastra Budaya,7,SDA,8,SDM,425,Sehat,55,Sejarah,28,Seni Budaya,11,Sosial Budaya,2,Sosok,12,Tani Darat,123,Tani Laut,94,Teras Indonesia,531,TNI-POLRI,17,Transportasi,217,UMKM,3,Wacana,2,Wawancara,4,Wisata,11,
ltr
item
INDONESIA MANDIRI | Berita Indonesia Mandiri: Muntok, Daya Tarik Baru di Babel
Muntok, Daya Tarik Baru di Babel
http://namadomain.web.id/wp-content/uploads/2015/09/IndonesiaMandiri-Klenteng-Kung-Fuk-Miaw-Muntok.png
INDONESIA MANDIRI | Berita Indonesia Mandiri
https://www.indonesiamandiri.web.id/2015/09/muntok-daya-tarik-baru-di-babel_11.html
https://www.indonesiamandiri.web.id/
https://www.indonesiamandiri.web.id/
https://www.indonesiamandiri.web.id/2015/09/muntok-daya-tarik-baru-di-babel_11.html
true
8310179826723655374
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy